Sabtu, 18 Januari 2014

Alasan Mengapa Minum Kopi (Setiap Hari)

Tidak ada orang dewasa yang tidak pernah mencoba yang namanya kopi. Kopi dikonsumsi dimana saja dan akan ada banyak keuntungan dengan meminum kopi setiap hari. Kopi memiliki manfaat yang luar biasa bagi otak, kulit dan tubuh kita. Karenanya ada beberapa alasan mengkonsumsi kopi.

Kopi Memiliki Banyak Antioksidan

Studi yang dilakukan pada tahun 2005, tidak ada yang lainnya yang menyediakan antioksidan sebanyak kopi. Sementara buah-buahan dan sayur mayur memiliki banyak kandungan antioksidan tetapi tubuh manusia rupanya menyerap antioksidan yang paling banyak ialah dari kopi.

Menghirup Aroma Kopi Akan Mengurangi Stres

Riset pada Seoul National University, telah menguji otak tikus yang mengalami stres akibat peniadaan tidur dan ditemukan bahwa tikus yang diberikan aroma kopi mengalami perubahan protein otak yang berhubungan dengan stres. Dengan catatan, studi aroma ini tidak berkaitan dengan stres karena dirinya sendiri, hanya terhadap stres yang dirasakan akibat peniadaan tidur.

Kopi Dapat Mengurangi Gejala-Gejala Penyakit Parkinson

Minum kopi membantu orang yang mengidap penyakit Parkinson untuk mengontrol gerakannya. Ronald Postuma, MD, mengatakan studi telah menunjukkan bahwa orang yang memafaatkan kafein lebih sedikit kemungkinan mengembangkan penyakit Parkinson.

Kopi Baik Untuk Liver - Khususnya bagi peminum minuman beralkohol

Sebuah studi tahun 2006 mengemukakan bahwa 125.000 orang dengan usia diatas 22 tahun menunjukkan bahwa mereka yang meminum paling sedikit secangkir kopi sehari mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit liver sirosis sebanyak 20% - sebuah penyakit autoimun yang disebabkan karena konsumsi alkohol berlebihan yang dapat mengakibatkan gagal ginjal dan kanker. Mengkonsumsi kopi memperlihatkan dampak perlindungan melawan sirosis karena kecanduan alkohol, dan lebih banyak meminum kopi makin sedikit resiko sirosis akibat kecanduan alkohol.

Studi juga menunjukkan bahwa kopi membantu mencegah non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) - penyakit perlemakan hati non-alkoholik, penyakit yang erat hubungannya dengan obesitas, resistensi insulin dan dislipidemia(1). Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh Duke-NUS Graduate Medical School mengungkapkan bahwa meminum kopi atau teh sebanyak 4 cangkir atau lebih sehari kemungkinan bermanfaat mencegah perkembangan NAFLD.

Kopi Bisa Membuat Kita Merasa Bahagia

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Health menemukan bahwa orang yang minum kopi sebanyak 4 cangkir atau lebih, berkurang 10% kemungkinannya mengalami depresi ketimbang yang tidak pernah sama sekali. Dan rupanya ini bukan disebabkan oleh "kafein tinggi" - minuman cola juga memberikan kafein tinggi.tetapi berkaitan dengan depresi. Alasan dimaksud kopi membuat kita merasa bahagia karena antioksidan-antioksidan tersebut sebagai kuncinya.

Mengkonsumsi Kopi Dan Kaitannya Dengan Rendahnya Tingkat Bunuh Diri

Studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa minum 2 sampai 4 cangkir kopi dapat mengurangi resiko bunuh diri pada laki-laki dan perempuan sebanyak 50 persen. Alasan dimaksud adalah karena kopi bertindak sebagai sebuah antidepresan ringan yang membantu memproduksi neurotransmitter seperti serotonin, dopamine dan noradrenaline.

Kopi Mengurangi Kemungkinan Kanker Kulit Pada Wanita

Wanita yang minum 3 cangkir kopi atau lebih dalam sehari sangat sedikit kemungkinan mengembangkan kanker kulit ketimbang yang tidak.

Kopi Dapat Mengurangi Resiko Berkembangnya Diabetes Tipe 2

Kopi juga mengurangi resiko diabetes Tipe 2, berdasarkan sebuah studi dari The American Chemical Society. Para periset tersebut menemukan bahwa orang yang minum kopi 4 cangkir atau lebih sehari mengurangi kemungkinan mengembangkan diabetes Tipe2 sebanyak 50 persen. Kemudian, resiko semakin rendah 7 persen untuk setiap cangkir tambahan.

Minum Kopi Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Otak Lebih Lama

Peneliti dari University of South Florida dan University of Miami menemukan bahwa orang yang berusia lebih dari 65 tahun yang memiliki kadar kafein dalam darah lebih tinggi mengembangkan penyakit Alzhemer lebih lambat dua atau empat tahun lebih lambat dari pada yang memiliki kadar kafein rendah.

Kopi Bisa Membuat Kita Lebih Cerdas

Biasanya kita minum kopi untuk menghilangkan kantuk, kopi kita butuhkan bukan hanya menjaga agar kita tetap terjaga, kopi bisa membuat kita lebih tajam. CNN melaporkan bahwa kopi memungkinkan otak kita bekerja lebih efisien dan dengan cara lebih cerdas. Majalah TIME melaporkan, saat kita kehilangan tidur dan kita menggunakan kafein, akan terjadi beberapa peningkatan diantaranya: waktu reaksi, kewaspadaan, atensi/perhatian, pertimbangan logis.


sumber: huffingtonpost.com, (1)pphi-online.org

Tidak ada komentar: