Selasa, 28 Januari 2014

SAKIT KEPALA - Cara Enak Meredakannya

Siapa yang tahan bila sakit kepala datang menghadang. Apa yang harus dilakukan? Lakukan rangkaian seperti biasa anda lakukan saat serangan sakit kepala ini menghampiri: matikan lampu/penerangan, berbaring dan minum pil pereda sakit.

Akan tetapi tahukah anda bahwa ada cara lain yang mudah dan enak dalam menenangkan dan meredakan, bahkan mencegah, sakit kepala?

Tambahkanlah makanan-makanan penenang berikut ini dalam daftar belanja harian anda.

Kentang Panggang

Makanan ini dapat membantu menenangkan kepala yang sedang sakit, terutama bagi anda yang merasakan sakit kepala karena berhubungan dengan konsumsi alkohol, kata Erin Palinski, RD, seorang ahli gizi di New Jersey. "Alkohol adalah diuretic (bersifat merangsang pembuangan urine), yang tidak hanya dapat mengakibatkan dehidrasi, tetapi juga dapat mengakibatkan anda kehilangan elektrolit seperti potasium," katanya lagi. "Mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium dapat membantu mengurangi sakit kepala yang berhubungan dengan alkohol tersebut." Yang mengejutkan, bahwa satu kentang panggang (berikut kulitnya) merupakan salah satu sumber potasium yang paling mengesankan, mengandung 712 mg potasium. Jika dibandingkan dengan pisang sebesar 467 mg.

Semangka

Dehidrasi adalah penyebab paling banyak dari sakit kepala, jelas Stella Metsovas, BS, CN, seorang ahli nutrisi dari Laguna Beach, California. Jadi sebagai pengganti pil pereda sakit ketika dilain waktu kepala anda 'berdenyut-denyut', pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air, seperti semangka. "Kandungan air alami dalam buah dan sayur-sayuran teridiri atas mineral-mineral essential, seperti magnesium, yang merupakan kunci utama pencegahan sakit kepala," katanya.

Anda bisa mencoba ini:
Gabungkan ke dalam blender 2 potongan besar semangka, 1 cup es batu, 1/2 cup plain yogurt, madu dan 1/2 sendok teh bubuk jahe panggang. Blender semua bahan tadi dan enjoy!
Sebagai bonusnya: Jahe dapat membantu menenangkan sakit kepala yang menyebabkan gejala-gejala mual. Makanan lain yang tinggi akan kandungan air diantaranya: jenis-jenis berry, mentimun, melon, jenis-jenis sop, oatmeal, tomat dan lettuce.

Roti (whole-grain) Panggang

Yang harus diperhatikan bagi anda yang melakukan diet rendah-karbo: Karbohidrat yang terlalu rendah kemungkinan besar menyebabkan sakit kepala. "Ketika anda melakukan diet rendah-karbo, anda mulai menghabiskan persediaan glikogen (karbohidrat yang disimpan dalam jaringan tubuh), yang mana merupakan sumber energi utama bagi otak,” kata Palinski. "Ini juga yang menyebabkan peningkatan hilangnya cairan dari tubuh, yang mana dapat memicu dehidrasi. Dengan berkurangnya energi bagi otak dan menyebabkan dehidrasi, diet rendah-karbo ini dapat memicu sakit kepala.” Pertimbangkan mengambil jenis-jenis karbo menyehatkan, seperti roti gandum, oatmeal, buah atau yogurt.
Sebagai bonus: Bertambahnya kesehatan dengan karbo bisa juga meningkatkan mood anda, sebagaimana karbo-karbo tersebut membantu tubuh untuk melepaskan serotonin, sejenis hormon feel-good.

Almon

Merujuk riset lama, magnesium, ditemukan pada almon, yang dapat melindungi tubuh terhadap bagian terberat pada sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Beberapa ahli mempercayai, bahwa penderita migrain juga mengalami peringanan dengan mengikuti diet kaya-magnesium ini. "Untuk menambah asupan magnesium, coba mengkonsumsi makanan kaya-magnesium seperti pisang, apricot kering, alpukat, almon, biji mete, beras merah, polong-polongan dan biji-bijian," saran Palinski.

Saus Tomat Pedas

Makanan pedas seperti saus tomat dan cabe pedas bisa lebih cepat membantu anda menjadi sehat kembali dari derita sakit kepala. "Tergantung dari jenis sakit kepalannya, makanan pedas mungkin bisa membantu," kata Palinski. "Jika sakit kepala karena kongesti (penyumbatan karena akumulasi abnormal cairan tubuh) sinus, makanan pedas dapat membantu mengurangi kongesti dan membuka jalan udara, membantu mengurangi tekanan dan yang menyertai sakit kepala."

Yogurt

Ketika kepala anda serasa terhantam, tubuh anda memanggil keluar kalsium, kata Metsovas. "Otak akan berfungsi dengan efisien bergantung pada kalsium," tambahnya. "Pastikan anda mengkonsumsi makanan kaya-kalsium, tanpa tambahan gula dan probiotic (bakteri baik yang berada dalam sistem pencernaan) yang bermanfaat bagi usus anda.”

Biji Wijen

Taburkan wijen pada salad, dalam oatmeal atau di atas sop dan diaduk-aduk. Kenapa? Biji-biji kecil ini banyak terkumpul kandungan nutrisi yang besar. "Biji wijen kaya akan vitamin E, yang bisa membantu menstabilkan tingkat estrogen (hormon seks pada wanita) dan mencegah migrain,” kata Palinski. "Juga meningkatkan sirkulasi, yang membantu mencegah sakit kepala." Sebagai bonus: Biji wijen juga kaya akan magnesium, yang bisa memberikan kekuatan mencegah sakit kepala.

Salad Bayam

Apa yang dikerjakan oleh Popeye bisa bekerja untuk sakit kepala anda. "Bayam menunjukan dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan bisa membantu untuk meringankan sakit kepala." kata Palinksi. "Coba gunakan daun bayam sebagai pengganti lettuce pada salad sebagai kekuatan pencegah sakit kepala." Berikut ini adalah salad yang dikemas dengan makanan penenang sakit kepala: Padukan bersama-sama 2 cup daun bayam, 3/4 cup semangka yang dipotong dadu, 1/2 cup apricot kering yang sudah dicincang dan 2 sendok makan buah kenari atau almon yang sudah dicincang, dan hujani dengan raspberry


sumber: womansday.com

Tidak ada komentar: